Saturday, December 26, 2015

Cara Menjaga Kebersihan Alat make up agar tetap Higienis bebas kuman




Kebersihan dari alat make up dan kecantikan yang biasa kamu gunakan sering kali menjadi sesuatu hal yang lepas dari perhatian kita. Padahal, kebersihan dari alat make up dan kecantikan tersebut juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit kita. Kehigienisan dari alat make up dan kecantikan tersebut tentu akan berpengaruh pada kesehatan kulit kita karena kita menggunakannya setiap hari. Nah, setiap hari pula, kulit kita bersentuhan dengan alat make up dan kecantikan tersebut, sudah tentu kalau alat yang digunakan tidak higienis maka akan banyak kuman yang bakal menempel pada kulit kita yang berasal dari alat make up dan kecantikan tersebut.

Guna membuat alat make up dan kecantikan tersebut bisa menjadi lebih higienis dan steril, kamu harus memperhatikan kebersihan dari alat tersebut dan memperhatikan kehigienisan alat make up tersebut secara rutin dan juga dengan cara yang tepat agar tidak ada kuman yang tertinggal di alat make up dan kecantikan tersebut.

 Tetapi, pada pelaksanaannya, kamu yang mungkin pemula dalam ha make up tentu akan mengalami kebingungan dengan banyaknya alat make up mu yang kotor serta entah harus diapakan selanjutnya. Kamu jangan pernah membersihkan alat make up yang kamu miliki dengan asal-asalan saja ya. Kalau misalkan salah-salah, alat make up mu malah bisa menjadi rusak dan bentuknya bisa jadi tidak beraturan nantinya. Untuk mengetahui cara yang tepat, kamu bisa simak ulasan dari Hatree.com berikut ini:

1. Coba untuk basuh bulu kuas dengan air yang mengalir dari pancuran atau keran air agar 
lebih mudah untuk membersihkannya.


Karena aliran air yang cenderung ke bawah, kamu akan lebih mudah untuk bisa menghindari basah pada bagian pangkal kuasnya. Hal ini karena kalau ait terlalu lama mengenai pangkalnya akan membuat bulu-bulu kuasnya menjadi rontok. Menghindari basah pada pangkal kuas tersebut bukan hanya bisa membuatnya jadi lebih awet, tapi juga bisa membuat bentuk dari kuas tersebut bisa tetap terjaga dengan baik seperti mulanya.

Bersihkanlah sisa-sisa make up dan kotoran yang menempel pada ujuang kuas dengan menggunakan shampoo yang lembut atau lebih disarankan menggunakan shampoo bayi. Coba tuangkan sedikit cairan yang kemudian busakan dengan tangan. Selanjutnya, kamu dapat membilas dengan air. Ulangilah tahap ini hingga air bilasannya tak lagi berwarna. Setelahnya, kamu dapat menyeterilkan kuas-kuasmu dengan campuran air atau cuka agar semakin bebas dari kuman dan bakteri. Caranya cukup mudah yaitu  hanya dengan mencampurkan air dan cuka tersebut dengan perbandingan 2:1 pada sebuah mangkuk khusus. Kemudian, kamu dapat mencelupkan dan putar kuasmu seperti mengaduk-aduk untuk membuat cairan ini sampai merata selama 1-2 menit. Setelahnya, kamu dapat membilasnya dengan air. Rapikanlah bentuk kuas yang berantakan tersebut dan kemudian keringkan kuas dengan cara meletakannya semalaman di atas handuk yang sudah kering.



2. Busa yang sering kamu gunakan untuk meratakan alat kosmetik juga harus dibersihkan dengan tepat, ini caranya.

Sponge atau busa yang kegunaannya adalah untuk meratakan alat kosmetik yang berbentuk krim dan cair ini sudah pasti telah menjadi tempat yang sangat nyaman untuk bakteri serta kuman untuk bisa menempel. Tumpukan make up yang serba lengket menjadi salah satu tempat yang paling nyaman untuk bakteri dan kuman tersebut bersembunyi. Hal ini bisa menyebabkan banyak masalah kulit dan bahkan bisa juga menyebabkan iritasi. Untuk itu, kamu harus mencucinya dengan bersih setiap busa yang digunakan dengan menggunakan alkohol atau air hangat.

Pertama, kamu bisa membasahi busa tersebut dengan air hangat yang kemudian cuci dengan shampoo bayi atau sabun lain yang lembut dan meremasnya dengan menggunakan tanganmu secara perlahan dan halus. Bilas sampai busa sabun yang muncul tadii hilang dan bersih. Pastikan kalau kuman serta bakteri yang ada di busa tersebut bisa hilang dan telah benar-benar kamu cuci dengan air hangat tadi. Biarkan mengering dan jangan jemur di tempat yang terlalu panas (jangan jemur langsung terkena sinar matahari).



3. Sisir menjadi alat yang sangat rentan terhadap bakteria jahat dan berbahaya bagi kulit rambut mu.


Coba untuk meluangkan waktumu untuk bisa membersihkan alat kecantikan yang paling penting ini. Sisir kan sudah menjadi benda yang tidak pernah lepas dari keseharian manusia pada umumnya. Namun, karena penggunaannya yang setiap hari dan sering terdapat kumpulan kotoran di dasar sikat sisir tersebut. Hal ini dapat membuatnya jadi sarang bakteri dan kuman yang apabila kita biarkan jelas akan membuat masalah pada kulit kepala seperti ketombe, jamur dan permasalahan rambut lainnya.

Pertama-tama, kamu harus membersihkan sisa rambut yang menempel pada sisir tersebut dan kemudian kamu juga harus mempersiapkan mangkuk yang cukup besar untuk bisa merendam keseluruhan batang sisirmu. Silahkan isi mangkuk besar tersebut dengan air hangat yang sudah dicampurkan dengan sabut lembut.

Memiliki alat kecantikan yang bersih menjadi salah satu hal yang harus kamu perhatikan dengan sangat baik. Kalau tidak, kamu tidak akan bisa menjaga kebersihan kulitmu!



4. Alat make up yang berbahan metal seperti alat manicure, penyepit bulu mata, dan lainnya juga perlu dibersihkan 

Peralatan yang berbahan metal seperti penjepit bulu mata, pisau alis, gunting kuku, dan lain sebagainya mungkin tidaklah mudah rusak, Tetapi, bagaimana dengan karatannya? Sudah diketahui secara pasti bahwa bahan yang menggunakan metal sudah pasti akan sangat rentan terhadap yang namanya karat, ya kan?

Kamu harus membersihkan alat berbahan metal ini secara rutin dengan menggunakan alkohol dan tisu basah agar bisa membersihkan kuman-kuman yang menempel pada alat-alat tersebut.



No comments:

Post a Comment